PESERTA UJIAN NASIONAL PERLU IKUTI TAHAPAN KERJA
Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun ini yang menggunakan sistem barcode membuat peserta perlu mengikuti tahapan kerja sebelum mulai mengerjakan soal. Peserta yang tidak memastikan bahwa ia menjawab pada LJUN yang benar, akan mendapat nilai yang jelek, karena saat dipindai, komputer akan keliru membaca. “Tahapan kerja ini sudah kami cantumkan dalam Prosedur Operasi Standar (POS),” ungkap Khairil saat ditemui di ruangannya, Rabu (27/2).
Pertama, peserta harus memastikan bahwa antara naskah soal dan LJUN masih bersatu. Kalau sudah dalam keadaan terpisah, peserta wajib melaporkannya kepada pengawas dan meminta ganti. “Jangan sampai peserta ambil risiko, tetap mengambil naskah soal dan LJUN yang sudah terpisah itu. Harus diganti dengan yang masih dalam kondisi bersatu,” tegas Khairil.
Kedua, pastikan pula bahwa naskah soal dan LJUN tidak dalam kondisi rusak. Peserta perlu memperhatikan satu per satu lembar pada naskah soal dan memastikan bahwa tidak ada satupun soal yang rusak atau tidak terbaca. Mengapa tahapan ini penting? Khairil menjelaskan, karena jika ia menemukan soal yang rusak di tengah-tengah proses pengerjaan soal, peserta harus meminta naskah soal dan LJUN yang baru. Itu artinya, peserta harus menjawab dari nomor satu lagi.
“Padahal mungkin dia sudah mengerjakan hingga nomor 20 dan menemukan soal yang rusak pada nomor 21. Jadi, kami minta kepada mereka pastikan betul bahwa naskah soal dan LJUN dalam keadaan baik. Dia tidak boleh mulai mengerjakan soal, sebelum melakukan urutan kerja ini,” tambahnya.
Ketiga, begitu peserta telah memastikan bahwa naskah soal dan LJUN dalam keadaan masih bersatu dan tidak rusak, ia wajib menuliskan identitas di naskah soal dan LJUN. Setelah diisi, peserta diperbolehkan melepaskan LJUN dari naskah soal. Langkah ini penting untuk mengantisipasi tertukarnya naskah soal dengan LJUN. “Bisa jadi saat anak sedang mengerjakan, ada angin besar dan menerbangkan naskah soal serta LJUN sehingga tertukar satu dengan yang lain. Tetapi kalau sudah ada nama di naskah soal dan LJUN pasti tidak akan tertukar,” ungkap Khairil.
Untuk itu, ia mengimbau kepada seluruh peserta, termasuk pengawas dan kepala dinas setempat mengikuti tahapan kerja ini dan menyosialisasikan dengan baik, sehingga tidak ada peserta yang dirugikan. “Sosialisasi mengenai hal ini sudah kami lakukan dan kami minta agar POS dibaca dengan baik,” imbuhnya. (Ratih)
SUMBER DARI KEMDIKNAS
Jumat, 15 Maret 2013
UN 2013 VARIASI SOAL BERTAMBAH PENGAWASAN MENINGKAT
UN 2013 VARIASI SOAL BERTAMBAH PENGAWASAN MENINGKAT
Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) M. Aman Wirakartakusumah, Kamis (7/3), di Jakarta. “Dalam bahasa positifnya, tujuan variasi soal adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengerjakan soalnya masing-masing,” tuturnya.
Dalam Ujian Nasional (UN) tahun 2013 dipastikan setiap
siswa akan mengerjakan paket soal yang berbeda. Karena dalam satu ruang ujian
disiapkan 20 paket soal yang ditandai dengan barcode, tidak seperti
tahun lalu yang hanya menggunakan lima
variasi soal. Tujuannya, agar siswa lebih konsentrasi dalam mengerjakan soal
ujiannya, daripada harus mencoba melakukan kecurangan selama ujian berlangsung.
Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) M. Aman Wirakartakusumah, Kamis (7/3), di Jakarta. “Dalam bahasa positifnya, tujuan variasi soal adalah untuk memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk mengerjakan soalnya masing-masing,” tuturnya.
Variasi soal ini selain bertujuan untuk mengecilkan
kemungkinan siswa melirik jawaban teman di sebelahnya, juga menutup kemungkinan
oknum tertentu yang mungkin akan melakukan kecurangan selama ujian berlangsung.
“Kalau dulu siswa disuruh bawa telepon seluler saat ujian agar mudah
mentransfer jawaban yang dianggap sebagai kunci, sekarang kita tutup
kemungkinan kecurangan disitu,” kata Aman.
Tak hanya dalam pelaksanaan, Aman menjelaskan, fungsi
pengawasan di percetakan dan saat distribusi soal pun diperketat. Baik
distribusi dari percetakan ke titik akhir, maupun dari lokasi ujian ke lokasi
pemindaian. Kemdikbud dan BSNP menggandeng pihak kepolisian untuk melakukan
pengawalan dalam proses pencetakan soal dan distribusi soal ke titik terakhir,
yaitu satuan pendidikan. “Setelah diserahkan ke kepala sekolah, maka polisi
tidak lagi bertanggung jawab atas ujian. Semua proses ujian berada di bawah
tanggung jawab kepala sekolah,” jelasnya.
Demikian pula dengan pengawas ujian, tidak hanya terdiri
dari pengawas ruang saja, tapi juga pengawas dari perguruan tinggi ikut terjun
mengawasi jalannya ujian. Aman menuturkan, kalau dulu ada peraturan bahwa
selain pengawas ruang tidak boleh masuk ke ruang ujian, maka sekarang diperluas
bahwa selain pengawas UN dilarang masuk ruang kelas. “Kalau dulu pengawas dari
perguruan tinggi tidak bisa menangkap basah jika ada pengawas yang tertidur atau
merokok karena tidak boleh masuk kelas, sekarang jika terjadi hal seperti itu
pengawas dari perguruan tinggi bisa mencatat nama pengawas tersebut dan
melaporkannya,” terangnya.
Apabila terbukti terjadi kecurangan dalam UN 2013 ini, kata
Aman, tidak hanya peserta UN saja yang mendapat sanksi, pengawasnya pun akan
mendapatkan sanksi. Mulai dari sanksi ringan, sedang, hingga berat. (AR)
SUMBER KEMDIKNAS
SUMBER KEMDIKNAS
Kamis, 14 Maret 2013
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT
1. Jika diketahui akar-akar persamaan kuadrat dari
2. Persamaan kuadrat berikut
3. Persamaan grafik fungsi kuadrat yang melalui
Titik A(1 , 0) , B(3 , 0) dan C(0 ,- 6) adalah …
4. Perhatikan gambar parabola berikut ini
5. Jika diketahui akar-akar dan persamaan kuadrat berikut
1. Jika diketahui akar-akar persamaan kuadrat dari
2. Persamaan kuadrat berikut
3. Persamaan grafik fungsi kuadrat yang melalui
Titik A(1 , 0) , B(3 , 0) dan C(0 ,- 6) adalah …
4. Perhatikan gambar parabola berikut ini
5. Jika diketahui akar-akar dan persamaan kuadrat berikut
Sabtu, 09 Maret 2013
SOAL DAN PEMBAHASAN UN BAB PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA
SOAL DAN PEMBAHASAN UN BAB PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA
1. Bentuk sederhana dari bilangan pangkat
2. Bentuk sederhana dari bilangan akar berikut
3. Jika diketahui bilangan logaritma berikut ini
4. Sederhanakan bentuk pangkat berikut
5. Nilai x yang memenuhi persamaan
1. Bentuk sederhana dari bilangan pangkat
2. Bentuk sederhana dari bilangan akar berikut
3. Jika diketahui bilangan logaritma berikut ini
4. Sederhanakan bentuk pangkat berikut
5. Nilai x yang memenuhi persamaan
Selasa, 05 Maret 2013
MENGHITUNG INTEGRAL(KALKULUS) DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS
MENGHITUNG INTEGRAL(KALKULUS) DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS
Ada beberapa langkah untuk menghitung integral dengan microsoft mathematics
1. Download atau Unduh softwarenya sekalian mengenalnya DISINI jika belum punya .
2. Instal atau Buka programnya , seperti
dibawah ini tampilanya
3. Untuk hitung Integral cari tool
bertulisan calculus yang dilingkari , kemudian klik
seperti dibawah ini tampilanya
4. Ketik soal integral (lambang integral,pangkat dll sudah disediakan)yang akan dicari
jawabannya, misal : integral tak tentu fungsi aljabar seperti dibawah ini
contoh yang
dilingkari (jika belum jelas,klik saja gambar agar lebih besar)jawabannya, misal : integral tak tentu fungsi aljabar seperti dibawah ini
5. Kemudian untuk melihat hasilnya tekan OK
atau ENTER
hasilnya yang
dilingkari input = soalnya dan output = jawabannya
6. Sekarang Anda sudah bisa menetukan integral tak tentu fungsi aljabar
dengan menggunakan Microsoft Mathematics , Silahkan berkreativitas untuk mencoba
integral tak tentu
fungsi trigonometri begitu juga integral tentu atau juga yang lainnya .
7. Sebarkan atau tularkan atau ajari atau kenalkan ke teman-teman Anda , ilmu yang
sudah Anda dapatkan agar berkah selalu menyemangati dalam belajar .
SOAL ONLINE PREDIKSI UN LANJUTAN MATEMATIKA IPA SMA
SOAL ONLINE PREDIKSI UN LANJUTAN MATEMATIKA IPA SMA
PETUNJUK UMUM
1. Berdo’alah dan hadirkan perasaan senang,
tenang dan nyaman
di lubuk hatimu yang terdalam .
2. Isikan identitas anda ke dalam Lembar
Jawaban yang tersedia(tidak perlu) .
3. Tersedia waktu 60 menit untuk mengerjakan
paket soal tes tersebut .
4. Jumlah soal sebanyak 20 soal , pada setiap
soal terdapat 5 pilihan jawaban .
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya .
Senin, 04 Maret 2013
SOAL ONLINE PREDIKSI UN MATEMATIKA IPA SMA
SOAL ONLINE PREDIKSI UN MATEMATIKA IPA SMA
PETUNJUK
UMUM
1. Berdo’alah dan hadirkan perasaan senang,
tenang dan nyaman
di lubuk hatimu yang terdalam .
2. Isikan identitas anda ke dalam Lembar
Jawaban yang tersedia (tidak perlu).
3. Tersedia waktu 60 menit untuk mengerjakan
paket soal tes tersebut .
4. Jumlah soal sebanyak 20 soal , pada setiap
soal terdapat 5 pilihan jawaban .
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda
menjawabnya .
6. Tunjukan kemampuan dan ketajaman berpikir Matematika .
Minggu, 03 Maret 2013
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS
BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MICROSOFT MATHEMATICS
Tentang Microsoft Matematika
Microsoft Matematika menyediakan satu set alat matematika
yang membantu siswa mendapatkan tugas sekolah dilakukan dengan cepat dan mudah.
Dengan Microsoft Matematika, siswa dapat belajar untuk memecahkan persamaan
langkah-demi-langkah, sambil mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang
konsep fundamental dalam pra-aljabar trigonometri,, aljabar, fisika, kimia, dan
kalkulus.
Microsoft Matematika termasuk kalkulator grafik fitur
lengkap yang didesain untuk bekerja sama seperti kalkulator genggam. Alat matematika
Tambahan membantu Anda mengevaluasi segitiga, mengkonversi dari satu sistem
unit yang lain, dan memecahkan sistem persamaan.
Matematika Microsoft dapat membantu Anda dengan banyak
tugas, termasuk:
Komputasi standar matematika functionsA hubungan matematis
antara variabel di mana nilai dari satu variabel menentukan nilai unik untuk
variabel lain, seperti akar dan daya logarithms yang dasar harus dinaikkan
untuk menyamai angka yang diberikan.
Memecahkan pernyataan equationsA matematika bahwa dua ekspresi,
biasanya dipisahkan oleh tanda sama, adalah dari nilai yang sama dan
ketidaksetaraan.
Memecahkan segitiga.
Mengkonversi pengukuran dari satu unit ke unit lain.
Komputasi fungsi trigonometri, seperti sineFor sudut
diberikan dalam segitiga siku-siku, fungsi trigonometri sama dengan panjang
dari sisi berlawanan sudut dibagi dengan sisi miring dan cosineFor sudut
diberikan dalam segitiga siku-siku, fungsi trigonometri sama dengan panjang
sisi berdekatan dengan sudut dibagi dengan sisi miring.
Melakukan berbagai matrix persegi panjang elemen
matematika. Sebagai contoh, koefisien dari persamaan linear, baris dan kolom
yang dapat digabung dengan array lain untuk memecahkan masalah dan kuantitas
vectorA yang memiliki baik besar dan arah. Contoh vektor mencakup operasi
kekuatan dan kecepatan, seperti invers dan cross-produk.
Komputasi statistik dasar, seperti jumlah meanThe dari semua
elemen dari satu set dibagi dengan jumlah elemen dalam himpunan. Juga disebut
aritmatika mean atau rata-rata. dan standar deviationA ukuran statistik dari
jumlah dimana seperangkat nilai-nilai berbeda dari mean aritmatika, sama dengan
akar kuadrat dari rata-rata kuadrat perbedaan '.
Melakukan operasi pada nomor numbers kompleks dalam bentuk
a + bi, di mana a dan b adalah bilangan real dan i = sqrt (-1), sehingga bi
adalah khayalan kecuali b = 0.
Plotting grafik 2D dan 3D dalam pasangan CartesianA
koordinat yang memberikan lokasi titik di pesawat (relatif terhadap asal dan
dua sumbu tegak lurus), atau satu set tiga koordinat yang memberikan lokasi
titik dalam ruang (relatif terhadap suatu asal dan tiga saling pesawat tegak
lurus), sepasang Polara koordinat yang mencari titik dalam pesawat dengan
menentukan panjang vektor radius dan sudut itu membuat dengan garis horizontal,
silinder, dan sphericalA set koordinat digunakan untuk mencari titik di Ruang
merupakan jarak dari beberapa asal dan dua sudut menggambarkan orientasi
relatif terhadap sumbu tegak lurus memanjang dari itu koordinat asal.
Menemukan fungsi derivatives berasal dari fungsi lain,
sehingga pada setiap titik dari fungsi aslinya, derivatif merupakan kemiringan
fungsi asli pada saat itu. dan integralsAlso disebut nomor, anti-derivatif,
integral tak tentu dari suatu fungsi adalah fungsi yang memiliki fungsi aslinya
sebagai turunannya. limitsA yang sewenang-wenang dekat dengan nilai dari sebuah
fungsi yang diberikan untuk semua nilai variabel independen fungsi yang cukup
dekat , tapi tidak sama dengan, suatu angka yang diberikan (atau tak terhingga
positif atau negatif), dan. jumlah dan produk seriesà (mungkin tak terbatas)
jumlah istilah diindeks .
Link Download Software MICROSOFT MATHEMATICS
Sabtu, 02 Maret 2013
PREDIKSI UJIAN NASIONAL III MATEMATIKA SMA/MA IPA DAN KUNCI JAWABAN
PREDIKSI UJIAN NASIONAL III MATEMATIKA SMA/MA IPA DAN KUNCI JAWABAN
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN FILE BENTUK DOC .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN FILE BENTUK DOC .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar