Sabtu, 24 Agustus 2013

UJI PUBLIK KURIKULUM 2013 PENYEDERHANAAN TEMATIK-INTEGRATIF

UJI PUBLIK KURIKULUM 2013 PENYEDERHANAAN TEMATIK-INTEGRATIF

Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penyusunan kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Kedua, pemaparan desain Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang telah dilaksanakan pada 13 November 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada 22 November 2012. Ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui saluran daring (on-line) pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id , juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013.
Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan.
Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam, sosial, seni, dan budaya.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan standar nasional yang telah disepakati. Paparan ini merupakan bagian dari uji publik Kurikulum 2013, yang diharapkan dapat menjaring pendapat dan masukan dari masyarakat.

Menambah Jam Pelajaran
Strategi pengembangan pendidikan dapat dilakukan pada upaya meningkatkan capaian pendidikan melalui pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi; efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan profesionalitas guru; serta lama tinggal di sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran.
Skema 1. menyajikan tentang Strategi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran. Sedang gambar 1. menggambarkan tentang strategi meningkatkan capaian pendidikan, yang digambarkan melalui sumbu x (efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan prefesionalitas guru), y (pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi) dan z (lama tinggal di sekolah dalam arti penambahan jam pelajaran).
Rasionalitas penambahan jam pelajaran dapat dijelaskan bahwa perubahan proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output) memerlukan penambahan jam pelajaran. Di banyak negara, seperti AS dan Korea Selatan, akhirakhir ini ada kecenderungan dilakukan menambah jam pelajaran. Diketahui juga bahwa perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat. Bagaimana dengan pembelajaran di Finlandia yang relatif singkat. Jawabnya, di negara yang tingkat pendidikannya berada di peringkat satu dunia, singkatnya pembelajaran didukung dengan pembelajaran tutorial yang baik.
Penyusunan kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada penyederhanaan, tematik-integratif mengacu pada kurikulum 2006 di mana ada beberapa permasalahan di antaranya; (i) konten kurikulum yang masih terlalu padat, ini ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak; (ii) belum sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan pendidikan nasional; (iii) kompetensi belum menggambarkan secara holistik domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; beberapa kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter, metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills, kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (iv) belum peka dan tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, maupun global; (v) standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (vi) standar penilaian belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (vii) dengan KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi tafsir.
Skema 2 menggambarkan tentang kesenjangan kurikulum yang ada pada konsep kurikulum saat ini dengan konsep ideal. Kurikulum 2013 mengarah ke konsep ideal. Sedang skema 3 menjelaskan alasan terhadap pengembangan kurikulum 2013  
SUMBER KEMDIKBUD

Selasa, 20 Agustus 2013

KURIKULUM 2013 TIDAK MENGHAPUS MATA PELAJARAN

KURIKULUM 2013 TIDAK MENGHAPUS MATA PELAJARAN



Ada kekhawatiran pada masyarakat jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran. Kekhawatiran ini dijawab Mendikbud Mohammad Nuh, bahwa tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.
Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat.
Hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013.




Gambar 1 dan gambar 2 menunjukkan kerangka komptensi abad 21 yang menjadi dasar di dalam pengembangan kurikulum 2013.


Ada empat standar dalam kurikulum yang mengalami perubahan, meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian. Terhadap perubahan itulah maka rumusan standar kelulusan (SKL) pun berubah. Gambar 3 menunjukkan ruang lingkup SKL. Sedang gambar 4 dan gambar 5 berturut-turut tentang SKL Rinci dan SKL Ringkas.


Senin, 19 Agustus 2013

KEBERHASILAN KURIKULUM 2013

KEBERHASILAN KURIKULUM 2013



Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke­ berhasilan kurikulum 2013. Pertama, penen­tu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan tenaga kependi­dik­an (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai ba­han ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pem­bentuk kurikulum; (ii) penguatan peran pemerintah da­am pembinaan dan penga­wasan; dan (iii) penguatan ma­naj­emen dan budaya sekolah.






Berkait dengan faktor perta­ma, Kemdikbud sudah mende­sain­­ strategi penyiapan guru se­­bagaimana digambarkan pa­da skema penyiapan guru yang me­ibatkan tim pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur dinas pendidikan, dosen, widya­swara, guru inti, pengawas, ke­­pala sekolah; guru uta­ma me­iputi guru inti, penga­was, dan kepala sekolah; dan guru mereka terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus di­beri perhatian khusus dalam rencana implementasi dan ke­terlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemung­kinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting­ daripada pengembangan kuri­kulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar,­ dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah mene­rima materi pembelajaran.






Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan be­sar di dalam mengimplementa­sikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru ke depan dituntut tidak hanya cer­das tapi juga adaptip terhadap perubahan.





Jumat, 16 Agustus 2013

SOAL DAN PEMBAHASAN UTS MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG (PAKET B) SMA/MA

SOAL DAN PEMBAHASAN UTS MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG (PAKET B) SMA/MA




Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :

FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar




KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL SMA/MA

KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL SMA/MA

KELAS X MATEMATIKA
SEMESTER I
SEMESTER II
KELAS XI IPA MATEMATIKA
SEMESTER I
  • BAB 1 STATISTIKA
  • BAB 2 PELUANG
  • BAB 3 TRIGONOMETRI
  • BAB 4 LINGKARAN
SEMESTER II
  • BAB 1 SUKU BANYAK(POLINOM)
  • BAB 2 FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS
  • BAB 3 FUNGSI LIMIT
  • BAB 4 FUNGSI TURUNAN
KELAS XII IPA MATEMATIKA
SEMESTER I
  • BAB 1 INTEGRAL
  • BAB 2 PROGRAM LINEAR
  • BAB 3 MATRIKS
  • BAB 4 VEKTOR
  • BAB 5 TRANSFORMASI GEOMETRI
SEMESTER II
  • BAB 1 BARISAN DAN DERET
  • BAB 2 FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN PANGKAT
  • BAB 3 FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LOGARITMA

Rabu, 14 Agustus 2013

SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA/MA 2006

SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA/MA 2006



Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???

Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF

 

Senin, 12 Agustus 2013

SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT SMA/MA

SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT SMA/MA


Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???

Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF

Minggu, 11 Agustus 2013

MATEMATIKA SMA PROGRAM FLASH (SWF)

MATEMATIKA SMA  PROGRAM FLASH (SWF)

  1. IRISAN KERUCUT (LINGKARAN)
  2. HIMPUNAN PENYELESAIAN DENGAN DETERMINAN
  3. JARAK TITIK DAN IRISAN PENAMPANG
  4. PELUANG
  5. BARISAN DAN DERET
  6. MATRIKS
  7. TRANSFORMASI GEOMETRI
  8. MENGGAMBAR BANGUN RUANG
  9. PENARIKAN KESIMPULAN
  10. PENERAPAN RUMUS SINUS KOSINUS
  11. VEKTOR
  12. PERSAMAAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
  13. FUNGSI KUADRAT
  14. SISTEM PERSAMAAN LINEAR
  15. STATISTIKA

SOAL SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA

SOAL SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA

JURUSAN IPA
JURUSAN IPS

Senin, 05 Agustus 2013

PREDIKSI UJIAN NASIONAL 2011-2012 MATEMATIKA IPA SMA/MA

PREDIKSI UJIAN NASIONAL 2011-2012 MATEMATIKA IPA SMA/MA



Untuk memperjelas tulisan klik saja link atau tulisan nanti tampil jendela baru
bisa diperbesar atau diperkecil atau disimpan

Jika ingin dipelajari dirumah silahkan download file dibawah ini
FILE DALAM BENTUK DOC DAN PDF

Sabtu, 03 Agustus 2013

SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG

SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG(PAKET A)




Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar



SOAL DAN PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAB PROGRAM LINEAR SMA/MA

SOAL DAN PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAB PROGRAM LINEAR SMA/MA




Agar tulisan lebih jelas klik kiri gambar??
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar




Kamis, 01 Agustus 2013

SOAL MATEMATIKA X BAB I SEMESTER 1 PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA

SOAL MATEMATIKA X BAB I SEMESTER 1 PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA




Untuk memperjelas tulisan diklik?
Baca selengkapnya silahkan download file dibawah ini
DALAM BENTUK PDF DAN DOC

 

SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPS SMA/MA RANGKUMAN

SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPS SMA/MA RANGKUMAN


Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???

Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF