UJI PUBLIK KURIKULUM 2013 PENYEDERHANAAN TEMATIK-INTEGRATIF
Pengembangan Kurikulum 2013 dilakukan dalam empat tahap. Pertama, penyusunan
kurikulum di lingkungan internal Kemdikbud dengan melibatkan sejumlah pakar
dari berbagai disiplin ilmu dan praktisi pendidikan. Kedua, pemaparan desain
Kurikulum 2013 di depan Wakil Presiden selaku Ketua Komite Pendidikan yang
telah dilaksanakan pada 13 November 2012 serta di depan Komisi X DPR RI pada 22
November 2012. Ketiga, pelaksanaan uji publik guna mendapatkan tanggapan dari
berbagai elemen masyarakat. Salah satu cara yang ditempuh selain melalui
saluran daring (on-line) pada laman http://kurikulum2013.kemdikbud.go.id
, juga melalui media massa cetak. Tahap keempat, dilakukan penyempurnaan untuk
selanjutnya ditetapkan menjadi Kurikulum 2013.
Inti dari Kurikulum 2013, adalah ada pada upaya penyederhanaan, dan tematik-integratif.
Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi
masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa
depan.
Titik beratnya, bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa, mampu
lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan
(mempresentasikan), apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah
menerima materi pembelajaran. Adapun obyek yang menjadi pembelajaran dalam
penataan dan penyempurnaan kurikulum 2013 menekankan pada fenomena alam,
sosial, seni, dan budaya.
Melalui pendekatan itu diharapkan siswa kita memiliki kompetensi sikap,
ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan lebih kreatif,
inovatif, dan lebih produktif, sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam
menghadapi berbagai persoalan dan tantangan di zamannya, memasuki masa depan
yang lebih baik.
Pelaksanaan penyusunan kurikulum 2013 adalah bagian dari melanjutkan
pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun
2004 dengan mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara
terpadu, sebagaimana amanat UU 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
pada penjelasan pasal 35, di mana kompetensi lulusan merupakan kualifikasi kemampuan
lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan
standar nasional yang telah disepakati. Paparan ini merupakan bagian dari uji
publik Kurikulum 2013, yang diharapkan dapat menjaring pendapat dan masukan
dari masyarakat.
Menambah Jam Pelajaran
Strategi pengembangan pendidikan dapat dilakukan pada upaya meningkatkan
capaian pendidikan melalui pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi;
efektivitas pembelajaran melalui kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan
profesionalitas guru; serta lama tinggal di sekolah dalam arti penambahan jam
pelajaran.
Skema 1. menyajikan tentang Strategi Peningkatan Efektivitas Pembelajaran.
Sedang gambar 1. menggambarkan tentang strategi meningkatkan capaian
pendidikan, yang digambarkan melalui sumbu x (efektivitas pembelajaran melalui
kurikulum, dan peningkatan kompetensi dan prefesionalitas guru), y
(pembelajaran siswa aktif berbasis kompetensi) dan z (lama tinggal di sekolah
dalam arti penambahan jam pelajaran).
Rasionalitas penambahan jam pelajaran dapat dijelaskan bahwa perubahan
proses pembelajaran (dari siswa diberi tahu menjadi siswa mencari tahu) dan
proses penilaian (dari berbasis output menjadi berbasis proses dan output)
memerlukan penambahan jam pelajaran. Di banyak negara, seperti AS dan Korea
Selatan, akhirakhir ini ada kecenderungan dilakukan menambah jam pelajaran.
Diketahui juga bahwa perbandingan dengan negara-negara lain menunjukkan jam
pelajaran di Indonesia relatif lebih singkat. Bagaimana dengan pembelajaran di
Finlandia yang relatif singkat. Jawabnya, di negara yang tingkat pendidikannya
berada di peringkat satu dunia, singkatnya pembelajaran didukung dengan
pembelajaran tutorial yang baik.
Penyusunan kurikulum 2013 yang menitikberatkan pada penyederhanaan,
tematik-integratif mengacu pada kurikulum 2006 di mana ada beberapa
permasalahan di antaranya; (i) konten kurikulum yang masih terlalu padat, ini
ditunjukkan dengan banyaknya mata pelajaran dan banyak materi yang keluasan dan
tingkat kesukarannya melampaui tingkat perkembangan usia anak; (ii) belum
sepenuhnya berbasis kompetensi sesuai dengan tuntutan fungsi dan tujuan
pendidikan nasional; (iii) kompetensi belum menggambarkan secara holistik
domain sikap, keterampilan, dan pengetahuan; beberapa kompetensi yang
dibutuhkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan (misalnya pendidikan karakter,
metodologi pembelajaran aktif, keseimbangan soft skills dan hard skills,
kewirausahaan) belum terakomodasi di dalam kurikulum; (iv) belum peka dan
tanggap terhadap perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional,
maupun global; (v) standar proses pembelajaran belum menggambarkan urutan
pembelajaran yang rinci sehingga membuka peluang penafsiran yang beraneka ragam
dan berujung pada pembelajaran yang berpusat pada guru; (vi) standar penilaian
belum mengarahkan pada penilaian berbasis kompetensi (proses dan hasil) dan
belum secara tegas menuntut adanya remediasi secara berkala; dan (vii) dengan
KTSP memerlukan dokumen kurikulum yang lebih rinci agar tidak menimbulkan multi
tafsir.
Skema 2 menggambarkan tentang kesenjangan kurikulum yang ada
pada konsep kurikulum saat ini dengan konsep ideal. Kurikulum 2013 mengarah ke
konsep ideal. Sedang skema 3 menjelaskan alasan terhadap pengembangan kurikulum
2013
SUMBER KEMDIKBUD
Sabtu, 24 Agustus 2013
Selasa, 20 Agustus 2013
KURIKULUM 2013 TIDAK MENGHAPUS MATA PELAJARAN
KURIKULUM 2013 TIDAK MENGHAPUS MATA PELAJARAN
Ada kekhawatiran pada masyarakat jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran. Kekhawatiran ini dijawab Mendikbud Mohammad Nuh, bahwa tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.
Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat.
Hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013.
Ada kekhawatiran pada masyarakat jika Kurikulum 2013 diterapkan akan ada penghapusan beberapa mata pelajaran. Kekhawatiran ini dijawab Mendikbud Mohammad Nuh, bahwa tidak ada penghapusan mata pelajaran, yang ada hanya pengintegrasian mata pelajaran.
Mata pelajaran IPA dan IPS di sekolah dasar (SD) diintegrasikan ke dalam semua mata pelajaran. Pengintegrasian ini dilakukan karena penting, serta menyesuaikan zaman yang terus mengalami perkembangan pesat.
Hadirnya kurikulum baru bukan berarti kurikulum lama tidak bagus. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Karena itu kurikulum disusun untuk mengantisipasi perkembangan masa depan. Pergeseran paradigma belajar abad 21 dan kerangka kompetensi abad 21 menjadi pijakan di dalam pengembangan kurikulum 2013.
Gambar 1 dan gambar 2 menunjukkan kerangka komptensi abad 21
yang menjadi dasar di dalam pengembangan kurikulum 2013.
Ada empat standar dalam kurikulum yang mengalami perubahan,
meliputi standar kompetensi lulusan, proses, isi, dan standar penilaian.
Terhadap perubahan itulah maka rumusan standar kelulusan (SKL) pun berubah.
Gambar 3 menunjukkan ruang lingkup SKL. Sedang gambar 4 dan gambar 5
berturut-turut tentang SKL Rinci dan SKL Ringkas.
Senin, 19 Agustus 2013
KEBERHASILAN KURIKULUM 2013
KEBERHASILAN KURIKULUM 2013
Berkait dengan faktor pertama, Kemdikbud sudah mendesain strategi penyiapan
guru sebagaimana digambarkan pada skema penyiapan guru yang meibatkan tim
pengembang kurikulum di tingkat pusat; instruktur diklat terdiri atas unsur
dinas pendidikan, dosen, widyaswara, guru inti, pengawas, kepala sekolah;
guru utama meiputi guru inti, pengawas, dan kepala sekolah; dan guru mereka
terdiri atas guru kelas, guru mata pelajaran SD, SMP, SMA, SMK.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Sedikitnya ada dua faktor besar dalam ke berhasilan
kurikulum 2013. Pertama, penentu, yaitu kesesuaian kompetensi pendidik dan
tenaga kependidikan (PTK) dengan kurikulum dan buku teks. Kedua, faktor
pendukung yang terdiri dari tiga unsur; (i) ketersediaan buku sebagai bahan
ajar dan sumber belajar yang mengintegrasikan standar pembentuk kurikulum;
(ii) penguatan peran pemerintah daam pembinaan dan pengawasan; dan (iii)
penguatan manajemen dan budaya sekolah.
Pada diri guru, sedikitnya ada empat aspek yang harus diberi perhatian khusus dalam rencana implementasi dan keterlaksanaan kurikulum 2013, yaitu kompetensi pedagogi; kompetensi akademik (keilmuan); kompetensi sosial; dan kompetensi manajerial atau kepemimpinan. Guru sebagai ujung tombak penerapan kurikulum, diharapkan bisa menyiapkan dan membuka diri terhadap beberapa kemungkinan terjadinya perubahan.
Kesiapan guru lebih penting daripada pengembangan kurikulum 2013. Kenapa guru menjadi penting? Karena dalam kurikulum 2013, bertujuan mendorong peserta didik, mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, bernalar, dan mengkomunikasikan (mempresentasikan), terhadap apa yang mereka peroleh atau mereka ketahui setelah menerima materi pembelajaran.
Melalui empat tujuan itu diharapkan siswa memiliki
kompetensi sikap, ketrampilan, dan pengetahuan jauh lebih baik. Mereka akan
lebih kreatif, inovatif, dan lebih produktif. Disinilah guru berperan besar di
dalam mengimplementasikan tiap proses pembelajaran pada kurikulum 2013. Guru
ke depan dituntut tidak hanya cerdas tapi juga adaptip terhadap perubahan.
Minggu, 18 Agustus 2013
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA VIDEO
PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA VIDEO (PUSTEKKOM)
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA JARAK - I
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA JARAK - II
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA PENERAPAN FUNGSI KUADRAT
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA PERTIDAKSAMAAN KUADRAT
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA PROGRAM LINEAR
- VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH MATEMATIKA APLIKASI DERET ARITMETIKA
Jumat, 16 Agustus 2013
SOAL DAN PEMBAHASAN UTS MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG (PAKET B) SMA/MA
SOAL DAN PEMBAHASAN UTS MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG (PAKET B) SMA/MA
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL SMA/MA
KUMPULAN SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL SMA/MA
KELAS X MATEMATIKA
SEMESTER I
SEMESTER I
SEMESTER I
KELAS X MATEMATIKA
SEMESTER I
- BAB 1 BENTUK PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA
- BAB 2 FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT
- BAB 3 SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT
- BAB 1 LOGIKA MATEMATIKA
- BAB 2 TRIGONOMETRI
- BAB 3 DIMENSI TIGA(BANGUN RUANG)
SEMESTER I
- BAB 1 STATISTIKA
- BAB 2 PELUANG
- BAB 3 TRIGONOMETRI
- BAB 4 LINGKARAN
- BAB 1 SUKU BANYAK(POLINOM)
- BAB 2 FUNGSI KOMPOSISI DAN FUNGSI INVERS
- BAB 3 FUNGSI LIMIT
- BAB 4 FUNGSI TURUNAN
SEMESTER I
- BAB 1 INTEGRAL
- BAB 2 PROGRAM LINEAR
- BAB 3 MATRIKS
- BAB 4 VEKTOR
- BAB 5 TRANSFORMASI GEOMETRI
- BAB 1 BARISAN DAN DERET
- BAB 2 FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN PANGKAT
- BAB 3 FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LOGARITMA
Rabu, 14 Agustus 2013
SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA/MA 2006
SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPA SMA/MA 2006
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Senin, 12 Agustus 2013
SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT SMA/MA
SOAL DAN PEMBAHASAN UJIAN NASIONAL BAB FUNGSI,PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN KUADRAT SMA/MA
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Minggu, 11 Agustus 2013
MATEMATIKA SMA PROGRAM FLASH (SWF)
MATEMATIKA SMA PROGRAM FLASH (SWF)
- IRISAN KERUCUT (LINGKARAN)
- HIMPUNAN PENYELESAIAN DENGAN DETERMINAN
- JARAK TITIK DAN IRISAN PENAMPANG
- PELUANG
- BARISAN DAN DERET
- MATRIKS
- TRANSFORMASI GEOMETRI
- MENGGAMBAR BANGUN RUANG
- PENARIKAN KESIMPULAN
- PENERAPAN RUMUS SINUS KOSINUS
- VEKTOR
- PERSAMAAN GARIS SINGGUNG LINGKARAN
- FUNGSI KUADRAT
- SISTEM PERSAMAAN LINEAR
- STATISTIKA
SOAL SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA
SOAL SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA SMA/MA
JURUSAN IPA
JURUSAN IPA
- SOAL UJIAN NASIONAL 2011
- SOAL UJIAN NASIONAL 2010
- SOAL UJIAN NASIONAL 2009
- SOAL UJIAN NASIONAL 2008
- SOAL UJIAN NASIONAL 2007
- SOAL UJIAN NASIONAL 2006
- SOAL UJIAN NASIONAL 2005
- SOAL UJIAN NASIONAL 2004
- SOAL UJIAN NASIONAL 2003
- SOAL UJIAN NASIONAL 2002
- SOAL UJIAN NASIONAL 2001
- SOAL UJIAN NASIONAL 2000
- SOAL UJIAN NASIONAL 1999
- SOAL UJIAN NASIONAL 1998
- SOAL UJIAN NASIONAL 1997
- SOAL UJIAN NASIONAL 1996
- SOAL UJIAN NASIONAL 1995
- SOAL UJIAN NASIONAL 1994
- SOAL UJIAN NASIONAL 1993
- SOAL UJIAN NASIONAL 1992
- SOAL UJIAN NASIONAL 1991
- SOAL UJIAN NASIONAL 1990
- SOAL UJIAN NASIONAL 1989
- SOAL UJIAN NASIONAL 1988
- SOAL UJIAN NASIONAL 1987
- SOAL UJIAN NASIONAL 1986
- SOAL UJIAN NASIONAL RANGKUMAN
- SOAL UJIAN NASIONAL 2011
- SOAL UJIAN NASIONAL 2010
- SOAL UJIAN NASIONAL 2009
- SOAL UJIAN NASIONAL 2008
- SOAL UJIAN NASIONAL 2007
- SOAL UJIAN NASIONAL 2006
- SOAL UJIAN NASIONAL 2005
- SOAL UJIAN NASIONAL 2004
- SOAL UJIAN NASIONAL 2003
- SOAL UJIAN NASIONAL 2002
- SOAL UJIAN NASIONAL 2001
- SOAL UJIAN NASIONAL 2000
- SOAL UJIAN NASIONAL 1999
- SOAL UJIAN NASIONAL 1998
- SOAL UJIAN NASIONAL 1997
- SOAL UJIAN NASIONAL 1996
- SOAL UJIAN NASIONAL 1995
- SOAL UJIAN NASIONAL 1994
- SOAL UJIAN NASIONAL 1993
- SOAL UJIAN NASIONAL 1992
- SOAL UJIAN NASIONAL 1991
- SOAL UJIAN NASIONAL 1990
- SOAL UJIAN NASIONAL 1989
- SOAL UJIAN NASIONAL 1988
- SOAL UJIAN NASIONAL 1987
- SOAL UJIAN NASIONAL 1986
- SOAL UJIAN NASIONAL RANGKUMAN
Rabu, 07 Agustus 2013
Senin, 05 Agustus 2013
PREDIKSI UJIAN NASIONAL 2011-2012 MATEMATIKA IPA SMA/MA
PREDIKSI UJIAN NASIONAL 2011-2012 MATEMATIKA IPA SMA/MA
Untuk memperjelas tulisan klik saja link atau tulisan nanti tampil jendela baru
bisa diperbesar atau diperkecil atau disimpan
Jika ingin dipelajari dirumah silahkan download file dibawah ini
FILE DALAM BENTUK DOC DAN PDF
Untuk memperjelas tulisan klik saja link atau tulisan nanti tampil jendela baru
bisa diperbesar atau diperkecil atau disimpan
Jika ingin dipelajari dirumah silahkan download file dibawah ini
FILE DALAM BENTUK DOC DAN PDF
Sabtu, 03 Agustus 2013
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG
SOAL DAN PEMBAHASAN MATEMATIKA SMA KELAS X BAB I PANGKAT AKAR DAN LOG(PAKET A)
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
SOAL DAN PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAB PROGRAM LINEAR SMA/MA
SOAL DAN PEMBAHASAN PREDIKSI UJIAN NASIONAL BAB PROGRAM LINEAR SMA/MA
Agar tulisan lebih jelas klik kiri gambar??
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
Agar tulisan lebih jelas klik kiri gambar??
Untuk selengkapnya silahkan ambil undu file ini dengan mengeklik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DI EXTRAC RAR .
jika ingin yang full,lengkap klik link berikut ini :
FILE BENTUK PDF DAN DOC DI EXTRAC RAR LENGKAP PENUH DAN FULL.
Terbuka jendela baru,di pojok kanan atas ada tulisan SKIP AD berwarna kuning diklik.
ikuti terus perintah sampai anda dapatkan yang dicari,sangat mudah
Jika menemukan materi yang belum bisa diselesaikan,setelah anda pelajari di rumah
Silahkan sampaikan lewat kolom komentar
Kamis, 01 Agustus 2013
SOAL MATEMATIKA X BAB I SEMESTER 1 PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA
SOAL MATEMATIKA X BAB I SEMESTER 1 PANGKAT,AKAR DAN LOGARITMA
Untuk memperjelas tulisan diklik?
Baca selengkapnya silahkan download file dibawah ini
DALAM BENTUK PDF DAN DOC
Untuk memperjelas tulisan diklik?
Baca selengkapnya silahkan download file dibawah ini
DALAM BENTUK PDF DAN DOC
SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPS SMA/MA RANGKUMAN
SOAL UJIAN NASIONAL MATEMATIKA IPS SMA/MA RANGKUMAN
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Untuk memperjelas tulisan gambar diklik ...??
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil(Download) File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
Langganan:
Postingan (Atom)