Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 30 Oktober 2013

RPP MATEMATIKA X SMA EKSPONEN DAN LOGARITMA KURIKULUM 2013

RPP MATEMATIKA X SMA EKSPONEN DAN LOGARITMA KURIKULUM 2013 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) 
Satuan Pendidikan: SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib 
Kelas/Semester : X/1
Materi Pokok : Eksponen dan Logaritma 
Topik : Konsep Eksponen, Pangkat Bulat dan Nol 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit 
A.Tujuan Pembelajaran: 
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Konsep Eksponen, Pangkat Bulat dan Nol diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerja sama dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.Menjelaskan pengertian konsep eksponensial ,pangkat bulat negatip dan pangkat nol dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
2.Menjelaskan sifat - sifat pangkat bulat negatif dan pangkat nol dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
3.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat negatif dan pangkat nol
B.Kompetensi Dasar 
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1 Menerapkan perpangkatan dalam menyelesaikan masalah
C.Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran konsep eksponen, pangkat bulat negatif dan pangkat nol
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.Menjelaskan pengertian konsep eksponen pangkat bulat negatip dan pangkat nol
5.Menjelaskan sifat – sifat pangkat bulat negatip dan pangkat nol.
6.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat negatip dan pangkat nol.
D.Materi Pembelajaran 
1.Bentuk pangkat Perlu penekana pada siswa bahwa eksponen merupakan perkalaian yang berulang 2.Pangkat bulat positif Bentuk pangkat
3.Pangkat bulat negatip Pada pangkat bulat negative berlaku :
4.Pangkat nol
E.Metode Pembelajaran 
Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific) adalah Model koperatif (cooperative learning) menggunakan tipe model TAI ( Team Accelerated Instruction ) merupakan kombinasi antara pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu.
F.Media Pembelajaran 
1.Lembar Kerja Siswa
2.Bahan Tayang
G.Sumber Belajar 
1.Buku Pegangan Kurikulum 2013
2.Buku Matematika pendukung yang lain
H.Langkah-langkah Pembelajaran 
Pendahuluan
1.Guru meminta siswa untuk tenang , memberikan motivasi agar siswa mempunyai semangat belajar. 2.Memberikan gambaran tentang aplikasi eksponen dalam kehidupan sehari-hari.
3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu agar siswa memahami konsep eksponen definisi pangkat negatip dan pangkat nol beserta sifat – sifatnya serta siswa terampil memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut.
Inti 
1.Guru menayangkan buku Matematika kurikulum 2013 halaman 6 Masalah 1-3 dan grafik 1.1 untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis.
2.Siswa diajak memecahkan masalah 1-3, dimana guru juga melakukan peragaan yang ada di masalah 1-3 , dan siswa mengisi tabel di buku siswa halaman 6.
3.Bersama siswa membuat kesimpulan tentang pangkat bulat negatip
4.Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
5.Tiap kelompok mendapat tugas untuk menemukan sifat – sifat pangkat bulat negatip. Tugas diselesaikan berdasarkan lembar kerja yang dibagikan.
6.Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
7.Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 8.Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
9.Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sifat – sifat pangkat bulat negatp , berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi salah satu kelompok.
10.Guru meminta siswa untuk mengerjakan uji kompetensi 1.1 halaman 16 buku Matematika : No 2 c, d, e, f secara individu.
11.Dalam setiap kelompok saling menukar hasil jawaban anggotanya.
12.Beberapa siswa mewakili kelompoknya maju menjawab uji kompetensi di papan tulis yang lainnya mengoreksi.
13.Guru menguatkan siswa tentang rumus pangkat bulat negatif dan pangkat nol
14.Siswa mengerjakan soal di lembar kerja siswa dengan tahapan soal meningkat dari mudah – sedang – sukar,jika siswa mengalami kesukaran pada suatu tahap maka soal di ganti dengan jenis yang sama.
15.Guru mengumpulkan semua hasil kerja siswa.
Penutup 
1.Siswa diminta menyimpulkan tentang sifat – sifat pangkat bulat positif,negatif dan nol .
2.Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai pangkat bulat positif,negatif dan nol.
3.Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan eksponen.
4.Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan jangan lupa beribadah, membantu orang tua dan untuk tetap belajar.
I.Penilaian Hasil Pembelajaran
1.Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.Prosedur Penilaian:
J.Instrumen Penilaian Hasil belajar 
1.Pekerjaan rumah Bacalah buku-buku literatur yang membahas penggunaan bentuk pangkat dalam kehidupan sehari-hari. Carilah contoh-contoh permasalahan di bidang lain, misalnya fisika, kimia, atau ekonomi, yang penyelesaiannya menggunakan konsep bilangan berpangkat. Susunlah hasil kegiatan ini dalam sebuah laporan dan dikumpulkan minggu depan.

Baca Selengkapnya silahkan Unduh saja DISINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Tidak ada komentar :

Posting Komentar