Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 14 November 2013

RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS X LOGARITMA

RPP MATEMATIKA KURIKULUM 2013 KELAS X LOGARITMA 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika 
Kelas/Semester : X / I Kurikulum 2013 
Materi Pokok : Eksponen dan Logaritma 
Topik : Logaritma 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit 
A.Tujuan Pembelajaran 
Melalui kegiatan diskusi dan model discovery learning dalam pembelajaran Eksponen dan logaritma diharapkan siswa disiplin, dapat bekerjasama dan terlibat aktif, serta siswa dapat
1.Menentukan hasil operasi pada logaritma
2.Menggunakan sifat-sifat logaritma dalam pemecahan masalah
B.Kompetensi Dasar 
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar berupa eksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat- sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
C.Indikator Pencapaian 
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran barisan logaritma
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok
3.Disiplin dalam kegiatan pembelajaran barisan logaritma
4.Menentukan hasil operasi pada logaritma
5.Terampil menggunakan sifat-sifat logaritma dalam pemecahan masalah
D.Materi Pembelajaran 
Sifat dasar logaritma : 
1.alog a = 1 2.alog 1 = 0 3.alog an = n
Beberapa sifat operasi logaritma :
1.Untuk a, b dan c bilangan real positif, a ≠ 1 dan b > 0, berlaku alog (b x c ) =alog b + alog c E.Metode/Model Pembelajaran 
Model : Discovery Learning
Metode : diskusi kelompok, penemuan terbimbing, tanya jawab.
F.Media Pembelajaran 
LKS, Laptop, LCD
G.Sumber Belajar 
Buku matematika, Kemendikbud, 2013
H.Langkah-langkah Pembelajaran 
Pendahuluan 
1.Guru memberikan apersepsi tentang konseplogaritma
2.Guru memberikan motivasi tentang kegunaan logaritma dalam kehidupan sehari-hari
3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai siswa
Inti 
1.Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok dengan masing-masing kelompok terdiri dari 2-3 anggota. 2.Guru membagikan LKS untuk didiskusikan oleh siswa.
3.Dengan aktif siswa mencermati dan mengamati Lembar Kerja Siswa yang telah dibagikan guru.
4.Siswa bekerjasama dalam 1 kelompok untuk menyelesaikan kegiatan pada LKS.
5.Dari data yang diperoleh dari kegiatan , siswa menalar untuk menarik simpulan dari kegiatan
6.Dengan tanya jawab guru membahas hasil kegiatan pada LKS.
7.Dengan Tanya jawab siswa diminta untuk mencoba menyebutkan sifat-sifat logaritma
8.Dengan tanya jawab guru membahas hasil presentasi siswa
9.Guru mengamati dan memberikan bimbingan seperlunya
10.Guru bersama siswa membahas hasil presentasi siswa.
11.Siswa bersama guru menyimpulkan tentang sifat-sifat logaritma
12.Guru memberikan contoh soal berkaitan dengan logaritma
13. Guru memberikan 2 soal yang terkait dengan logaritma
14.Guru memberikan 2 soal untuk dikerjakan siswa dan dikumpulkan
Penutup 
1.Siswa bersama guru menyimpulkan tentang sifat-sifat logaritma
2.Guru memberikan PR untuk dikerjakan di rumah sebagai latihan mandiri.
3.Guru mengakhiri kegiatan belajar
I.Penilaian 
1.Teknik penilaian : pengamatan, tes tertulis
2.Prosedur Penilaian

Baca Selengkapnya Silahkan UNDUH DISINI


Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Tidak ada komentar :

Posting Komentar