Kamis, 14 November 2013

RPP MATEMATIKA X KURIKULUM 2013 TOPIK PERSAMAAN LINEAR

RPP MATEMATIKA X KURIKULUM 2013 TOPIK PERSAMAAN LINEAR 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) 
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika 
Kelas/Semester : X / I 
Materi Pokok : Persamaan Linear 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit 
A.Tujuan Pembelajaran 
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran persamaan linear diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
1.Mengubah soal cerita menjadi model matematika.
2.Menentukan penyelesain dari model matematika.  
B.Kompetensi Dasar 
2.1Menunjukkan sikap senang, percaya diri, motivasi internal, sikap kritis, bekerjasama, jujur dan percaya diri dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2Memiliki sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif 3.3Mendiskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata.
4.2 Menerapkan konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan linear dalam memecahkan masalah nyata.
C.Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran persamaan linear.
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.Membuat model matematika dari soal cerita.
5.Membuat alternatif penyelenyesaian dari model matematika.
6.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan penyelesaian model matematika .
D.Materi Matematika 
Penyelesaian persamaan linear 1 variabel dengan:
a.Menyelesaikan persamaan linear
b.Menggunakan grafik
E.Metode Pembelajaran 
Metode :Diskusi,tanya jawab,Ekspositori
F.Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan 
1.Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami persamaan linear dan memberikan gambaran tentang aplikasi persamaan linear dalam kehidupan sehari-hari.
2.Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana memecahkah masalah yang berkaitan dengan soal cerita.
3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu menentukan penyelesai model matematika dengan berbagai alternatif cara.
Inti 
1.Guru bertanya tentang bagaimana membuat model matematika dari soal cerita yang disajikan
2.Bila siswa belum mampu menjawabnya, guru memberi scaffolding dengan mengingatkan siswa dengan artenatif jawaban yang dapat dilakukan.
3.Dengan tanya jawab, disimpulkan bahwa m
4.Dengan tanya jawab, siswa diyakinkan bahwa model matematika dapat yang telah di buat dapat digunakan untuk membuat penyelesaian persa
5.Selanjutnya, guru menyampaian penerapan dari persamaan linear.
6.Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
7.Tiap kelompok mendapat tugas untuk menentukan penyelesaian dari berbagai kalimat cerita yang terdapat pada LKS. Tugas diselesaikan berdasarkan worksheet atau lembar kerja yang dibagikan.
8.Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
9.Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 10.Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
11.Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai penyelesaian persamaan linear 1 variabel berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi salah satu kelompok.
12.Guru memberikan dua (2) soal yang terkait dengan pernyelesaian persamaan linear dengan 1 variabel. Dengan tanya jawab, siswa dan guru menyelesaikan kedua soal yang telah diberikan dengan menggunakan strategi yang tepat.
13.Guru memberikan lima (5) soal untuk dikerjakan tiap siswa, dan dikumpulkan.
Penutup 
1.Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan penyelesaian persamaan linear dengan 1 variabel dengan berbacai cara
2.Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai penyelesai persamaan linear
3.Guru memberikan tugas PR halaman 58 no. 4 dan 5 dari buku siswa 4.Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
G.Alat/Media/Sumber Pembelajaran 
1..Worksheet atau lembar kerja (siswa)
2.Bahan tayang tentang soal cerita
3.Lembar penilaian
H.Penilaian Hasil Belajar 
1.Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
2.Prosedur Penilaian:

Baca Lebih Lengkap Lagi UNDUH DI SINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar