Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Kamis, 14 November 2013

RPP MATEMATIKA X SMA KURIKULUM 2013 TOPIK PERTIDAKSAMAAN LINEAR

RPP MATEMATIKA X SMA KURIKULUM 2013 TOPIK PERTIDAKSAMAAN LINEAR 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) 
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika 
Kelas/Semester : X / I 
Materi Pokok : Pertidaksamaan Linear 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit 
A.Tujuan Pembelajaran : 
Melalui kegiatan diskusi dan model discovery learning dalam pembelajaran pertidaksamaan linear diharapkan siswa disiplin, dapat bekerjasama dan terlibat aktif, serta siswa dapat :
1.Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear
2.Terampil menyelesaikan pertidaksamaan linear yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari B.Kompetensi Dasar 
2.1Memiliki motivasi internal,kemampuan bekerjasama,konsisten , sikap disiplin ,rasa percaya diri ,dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berfikir dalam memilih dan menerapkan strategi dalam menyelesaikan berbagai permasalahan nyata.
2.2Mampu mentranformasi diri dalam perilaku jujur ,tangguh menghadapi masalah ,kritis disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika
3.2.Mendiskripsikan dan menganalisis konsep nilai mutlak dalam persamaan dan pertidaksamaan serta menerapkannya dalam pemecahan masalah nyata
4.2.Menerapkan konsep nilai mutlak dalam pertidaksamaan Linear dalam memecahkan masalah nyata C.Indikator Pencapaian Kompetensi 
1.Terlibat aktif dalam pembelajaran pertidaksamaan linear
2.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
3.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
4.Menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear
5.Terampil menyelesaikan masalah pertidaksamaan linear
D.Materi Pembelajaran 
1.Mengingat kembali pengertian pertidaksamaan linear , dalam kehidupan sehari-hari ,banyak kita jumpai kasus yang melibatkan pembatasan suatu hal .seperti pada masalah sebagai berikut ; Ayah Budi lebih muda dibanding pamannya tetapi lebih tua dari ibunya .Sementara umur bibinya hanya satu tahun lebih tua dari umur ibunya tetapi satu tahun lebih muda dari umur ayahnya . Budi berencana mengurutkan umur ayah , ibu , paman , dan bibinya berdasarkan umur mereka yang lebih tua
E.Model/Metode Pembelajaran 
Pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi yang berbasis masalah (problem-based learning).
F.Media Pembelajaran 
LKS, kertas
G.Sumber Belajar 
Buku Siswa, Kemendikbud, 2013
H.Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan 
1.Guru memberikan gambaran tentang pentingnya memahami pertidaksamaan linear dan memberikan gambaran tentang aplikasi pertidaksamaan linear dalam kehidupan sehari-hari.
2.Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan urutan dari yang tua ke yang muda. dapat terpecahkan bila menggunakan pertidaksamaan linear dan garis bilangan .
3.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu memperluas pengertian pertidaksamaan linear dalam memecahkan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari
Inti 
1.Siswa membaca mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak
2.Guru bertanya mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
3.Siswa menentukan unsu-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
4.Siswa menganalisis dan membuat kategori dari unsur-unsur yang terdapat pada pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak, kemudian menghubungkan unsur-unsur yang sudah dikategorikan sehingga dapat dibuat kesimpulan mengenai pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, penyelesaian, dan masalah nyata yang terkait dengan pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak.
5.Guru menyampaikan pengertian nilai mutlak, ekspresi-ekspresi, dan penyelesaian pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dan penerapannya dalam penyelesaian masalah nyata yang terkait pertidaksamaan linier dalam tanda mutlak dengan lisan, tulisan, dan bagan.
6.Guru memberikan lima (5) soal untuk dikerjakan tiap siswa, dan dikumpulkan.
Penutup 
1.Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear
2.Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai pertidaksamaan linear yang dikaitkan dengan garis bilangan .
3.Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan pertidaksamaan linear
4.Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
I.Penilaian 
1.Teknik penilaian :
pengamatan, tes tertulis
2.Prosedur Penilaian

Baca Selengkapnya Silahkan UNDUH DISINI

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Tidak ada komentar :

Posting Komentar