Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Rabu, 06 November 2013

RPP MATEMATIKA X SMA KURIKULUM 2013 TOPIK SIFAT PANGKAT BULAT PECAHAN

RPP MATEMATIKA X SMA KURIKULUM 2013 TOPIK SIFAT PANGKAT BULAT PECAHAN 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) 
Satuan Pendidikan: SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika-Wajib 
Kelas/Semester :X/1 
Materi Pokok : Eksponen dan Logaritma 
Topik :Sifat – sifat Pangkat Bulat Positif dan Pangkat Pecahan 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
U.Tujuan Pembelajaran: 
Melalui kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Pangkat Bulat dan Pangkat Pecahan inii diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerja sama dan bertanggungjawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat
6.Menjelaskan pengertian pangkat bulat positif, pangkat nol dan pangkat pecahan dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
7.Menjelaskan sifat - sifat pangkat bulat positif dan pangkat pecahan dengan secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
8.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat positif dan pangkat pecahan.
V.Kompetensi Dasar 
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
2.2 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
8.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
W.Indikator Pencapaian Kompetensi 
12.Terlibat aktif dalam pembelajaran pangkat bulat dan pangkat pecahan
13.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
14.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
15.Menjelaskan pengertian pangkat bulat positif, pangkat nol dan pangkat pecahan.
16.Menjelaskan sifat – sifat pangkat bulat dan pangkat pecahan.
17.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan pangkat bulat dan pangkat pecahan.
X.Materi 
12.Bentuk pangkat Pangkat bulat positif
Y.Metode Pembelajaran 
Model pembelajaran dengan pendekatan saintifik (scientific) adalah Model koperatif (cooperative learning) menggunakan tipe model TAI ( Team Accelerated Instruction ) merupakan kombinasi antara pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individu.
 Z.Media Pembelajaran 
3.Lembar Kerja Siswa
4.Bahan Tayang
5.1 lembar kertas karton
6.Lembar Penilaian
a.Lembar Penilaian untuk siswa
b.Lembar Penilaian untuk guru
AA.Sumber Belajar 
3.Buku Pegangan Kurikulum 2013
4.Buku Matematika Erlangga kurikulum 2013
BB.Kegiatan Pembelajaran 
Pendahuluan 
8.Guru meminta siswa untuk tenang , memberikan motifasi agar siswa mempunyai semangat belajar. 9.Memberikan gambaran tentang aplikasi eksponen dalam kehidupan sehari-hari.
10.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai yaitu agar siswa memahami Definisi pangkat positif, negatif dan pangkat pecahan beserta sifat – sifatnya serta siswa terampil memecahkan masalah yang berhubungan dengan materi tersebut.
Inti 
16.Guru menayangkan buku Matematika kurikulum 2013 halaman 9 sifat 1-2 , halaman 11 sifat 3, halaman 15 sifat 4 serta halaman 16 sifat 5 untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis.
17.Bersama siswa membuat kesimpulan tentang pangkat bulat positif.
18.Guru membagi siswa ke dalam beberapa kelompok dengan tiap kelompok terdiri atas 4 siswa.
19.Tiap kelompok mendapat tugas untuk menemukan sifat – sifat pangkat bulat positif. Tugas diselesaikan berdasarkan lembar kerja yang dibagikan.
20.Selama siswa bekerja di dalam kelompok, guru memperhatikan dan mendorong semua siswa untuk terlibat diskusi, dan mengarahkan bila ada kelompok yang melenceng jauh pekerjaannya.
21.Salah satu kelompok diskusi (tidak harus yang terbaik) diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya ke depan kelas. Sementara kelompok lain, menanggapi dan menyempurnakan apa yang dipresentasikan. 22.Guru mengumpulkan semua hasil diskusi tiap kelompok
23.Dengan tanya jawab, guru mengarahkan semua siswa pada kesimpulan mengenai sifat – sifat pangkat bulat positif , berdasarkan hasil reviu terhadap presentasi salah satu kelompok.
24.Guru meminta siswa untuk mengerjakan uji kompetensi 1.1 halaman 16 buku Matematika : No 1 b,d, : no 2 b secara individu.
25.Dalam setiap kelompok saling menukar hasil jawaban anggotanya.
26.Beberapa siswa mewakili kelompoknya maju menjawab uji kompetensi di papan tulis yang lainnya mengoreksi.
27.Guru mengarahkan siswa untuk menemukan rumus pangkat bulat negatif dan pangkat nol sekaligus sifat – sifat pangkat pecahan.
28.Siswa mengerjakan soal di lembar kerja siswa dengan tahapan soal meningkat dari mudah – sedang – sukar,jika siswa mengalami kesukaran pada suatu tahap maka soal di ganti dengan jenis yang sama. Guru mengumpulkan semua hasil kerja siswa.
Penutup 
9.Siswa diminta menyimpulkan tentang sifat – sifat pangkat bulat positif,negatif ,nol dan pangkat pecahan. 10.Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai pangkat bulat positif,negatif ,nol dan pangkat pecahan .
11.Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai penerapan eksponen.
12.Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan jangan lupa beribadah, membantu orang tua dan untuk tetap belajar.
CC.Penilaian Hasil Pembelajaran 
5.Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
6.Prosedur Penilaian:
DD.Instrumen Penilaian 
Hasil belajar 
3.Pekerjaan rumah Bacalah buku-buku literatur yang membahas penggunaan bentuk pangkat dalam kehidupan sehari-hari. Carilah contoh-contoh permasalahan di bidang lain, misalnya fisika, kimia, atau ekonomi, yang penyelesaiannya menggunakan konsep bilangan berpangkat. Susunlah hasil kegiatan ini dalam sebuah laporan dan dikumpulkan minggu depan.
4.Tes tertulis
Sederhanakan bentuk dari:

Baca Selengkapnya Unduh saja DISINI
 

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Tidak ada komentar :

Posting Komentar