Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Selasa, 05 November 2013

RPP MATEMATIKA SMA KURIKULUM 2013 TOPIK LOGARITMA DAN SIFAT LOGARITMA

RPP MATEMATIKA SMA KURIKULUM 2013 TOPIK LOGARITMA DAN SIFAT LOGARITMA 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP) 
Satuan Pendidikan: SMA Negeri 1 Kutowinangun 
Mata Pelajaran : Matematika - Wajib 
Kelas/Semester : X/1 
Materi Pokok : Eksponen dan Logaritma 
Topik : Logaritma dan sifat-sifat logaritma 
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit 
K.Tujuan Pembelajaran: 
Dengan kegiatan diskusi dan pembelajaran kelompok dalam pembelajaran Logaritma dan Sifat-sifat Logaritma ini diharapkan siswa terlibat aktif dalam kegiatan pembelajaran, mampu bekerja sama dan bertanggung-jawab dalam menyampaikan pendapat, menjawab pertanyaan, memberi saran dan kritik, serta dapat :
4.Menjelaskan kembali sifat-sifat logaritma dengan menggunakan pengertian logaritma secara tepat, sistematis, dan menggunakan simbol yang benar.
5. Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma.
L.Kompetensi Dasar 
2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerjasama, konsisten, sikap disiplin, rasa percaya diri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi menyelesaikan masalah.
5.1 Mampu mentransformasi diri dalam berpilaku jujur, tangguh mengadapi masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar matematika.
5.2 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli lingkungan.
3.1 Memilih dan menerapkan aturan eksponen dan logaritma sesuai dengan karakteristik permasalahan yang akan diselesaikan dan memeriksa kebenaran langkah-langkahnya.
4.1 Menyajikan masalah nyata menggunakan operasi aljabar bereksponen dan logaritma serta menyelesaikannya menggunakan sifat-sifat dan aturan yang telah terbukti kebenarannya.
M.Indikator Pencapaian Kompetensi 
7.Terlibat aktif dalam pembelajaran logaritma dan sifat-sifat logaritma
8.Bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
9.Toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
10.Menjelaskan kembali pengertian logaritma dan sifat-sifatnya.
11.Terampil menerapkan konsep/prinsip dan strategi pemecahan masalah yang relevan yang berkaitan dengan logaritma.
N.Materi Matematika 
LOGARITMA 
Logaritma adalah invers ( kebalikan ) dari perpangkatan ( eksponen ), yaitu mencari pangkat dari suatu bilangan dimana bilangan pokok (a) dan hasilnya diketahui.
1. Sifat-sifat Logaritma
O.Metode Pembelajaran 
Menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab dengan pendekatan pembelajaran adalah pendekatan saintifik (scientific). Pembelajaran koperatif (cooperative learning) menggunakan kelompok diskusi model NHT ( Numbered Head Together ).
P.Media Pembelajaran 
a.Worksheet atau lembar kerja (siswa)
b.Lembar penilaian sikap dan keterampilan
Q.Sumber Belajar 
a.Buku Matematika Kelas X Buku Siswa
b.Buku Matematika Kelas X ( Penerbit Ganeca Exact )
R.Langkah-langkah Pembelajaran 
Kegiatan 
Pendahuluan 
4.Menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
5.Sebagai apersepsi untuk mendorong rasa ingin tahu dan berpikir kritis, siswa diajak memecahkan masalah mengenai bagaimana mendapatkan nilai x dari 2x = 8 dan nilai x dari 2x = 6 , (tidak terpecahkan bila menggunakan sifat-sifat perpangkatan).
6.Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai.
7.Menyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan
Inti
1.langkah-langkah pembelajaran cooperatif tipe NHT ( Numbered Head Together ) :
a.Guru menfasilitasi peserta didik mempelajari logaritma dan sifat-sifatnya sambil tanya jawab untuk memahaminya
b.Peserta didik dikelompokkan ke dalam kelompok masing-masing beranggotakan empat orang.
c.Tiap kelompok diberikan tugas tentang logaritma untuk diselesaikan anggota kelompok dengan diskusi dan tanya jawab dalam kelompok
d.Guru memanggil salah satu nomor siswa dan nomor yang dipanggil melaporkan hasil kerjasama mereka e.Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain lagi.
f.Guru memberikan soal untuk setiap peserta didik dan dikerjakan secara mandiri
g.Setelah selesai guru memberikan evaluasi dengan tanya jawab bersama peserta didik
Penutup 
5.Siswa diminta menyimpulkan tentang bagaimana sifat-sifat logaritma.
6.Dengan bantuan presentasi komputer, guru menayangkan apa yang telah dipelajari dan disimpulkan mengenai logaritma dan sifat-sifatnya
7.Guru memberikan tugas PR beberapa soal mengenai logaritma dari buku siswa hal.41 no.1- 10
8.Guru mengakhiri kegiatan belajar dengan memberikan pesan untuk tetap belajar.
S.Penilaian Hasil Belajar 
3.Teknik Penilaian: pengamatan, tes tertulis
4.Prosedur Penilaian:
T.Instrumen Penilaian Hasil belajar 
Tes tertulis 
Catatan: 
Penskoran bersifat holistik dan komprehensif, tidak saja memberi skor untuk jawaban akhir, tetapi juga proses pemecahan yang terutama meliputi pemahaman, komunikasi matematis (ketepatan penggunaan simbol dan istilah), penalaran (logis), serta ketepatan strategi memecahkan masalah.

Baca selengkapnya UNDUH DISINI



Enter your email address:

Delivered by FeedBurner



Tidak ada komentar :

Posting Komentar