SEKOLAH : SMAN 1 KUTOWINANGUN
MATA PELAJARAN : MATEMATIKA
KELAS/SEMESTER : X(sepuluh)/I(SATU)
MATERI POKOK : SISTEM PERSAMAAN LINEAR DAN KUADRAT
ALOKASI WAKTU : 2 x 45 menit
PERTEMUAN KE- : 19
Standar kompetensi
2Memecahkan masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dan Pertidaksamaan satu variabel
Kompetensi dasar
3.1. Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dan sistem persamaan campuran linear dan kuadrat dalam dua variabel
Indikator
-Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah selesai pembelajaran siswa diharapkan dapat
-Menentukan penyelesaian sistem persamaan linear dua variabel
B.Materi Pembelajaran
Sistem persamaan linear dua variabel
Bentuk umum sistem persamaan linear dua variabel x dan y adalah :Dengan a1, a2, b1, b2,c1, dan c2 adalah bilangan-bilangan real.
Menyelesaikan sistem persamaan linear dapat dilakukan dengan :
1. Dengan metode grafik, Langka-langka:
otentukan titik potong dengan sumbu x dan sumbu y
otarik garis yang melalui titik potong dengan sumbu x dan y
otulislah titik potong tersebut dalam pasangan berurut
2.Dengan aljabar:
- Metode substitusi
- Metode eliminasi
- Metode gabungan substitusi dan eliminasi
- -Ceramah
- -Diskusi
- -Tanya jawab
Pendahuluan
Apersepsi
-Mengingatkan persamaan linear yang telah dipelajari di SMP
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
- -Menjelaskan cara menyelesaiakan sistem persamaan linear dua variabel
- -Memberikan contoh soal tentang cara menyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel
- -Melakukan latihan menyelesaikan soal-soal tentang sistem persamaan linear dua variabel
- -Siswa menyadari eksistensi dan potensi diri.
- -Siswa menggali informasi.
- -Siswa mengolah informasi
- Menyimpulkan materi yang telah dibahas.
- Memberikan arahan untuk latihan
Jenis tagihan
- -Quis
- -Tugas individu
- -Ulangan harian
- -Jawaban singkat
- -Essay tes
Selesaikan sistem persamaan linear di bawah ini;
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar