Minggu, 10 Juli 2011

RPP MATEMATIKA XII IPA BAB PROGRAM LINEAR

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Bab : Program Linear
Kelas / Program : XII(duabelas) / IPA
Semester : 1(Ganjil)

Standar Kompetensi : 
2. Menyelesaikan masalah program linear.

Kompetensi Dasar : 
2.1. Menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel.

Indikator : 
  1. Mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  2. Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.

Alokasi Waktu :
2 jam pelajaran (1 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

  • Peserta didik dapat mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  • Peserta didik dapat menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.

B. Materi Ajar

Sistem pertidaksamaan linear.

C. Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama

Pendahuluan
Apersepsi : 
Mengingat kembali materi mengenai persamaan garis dan pembuatan grafiknya, serta cara menentukan titik potong dua garis.
Motivasi : 
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengenal arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
Kegiatan Inti
  • a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai penjelasan arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan cara menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut,mengenai sistem pertidaksamaan linear, yang terdiri sistem pertidaksamaan linear dua variabel, dan cara menentukan himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  • b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai arti sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan cara menyelesaikan sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  • c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket mengenai penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linear dua variabel dan penentuan sistem pertidaksamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar.
  • d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai pengidentifikasian beberapa pertidaksamaan yang merupakan pertidaksamaan linear dua variabel, penentuan daerah yang memenuhi himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan linear dan sistem pertidaksamaan linear dua variabel yang diberikan, serta penentuan sistem pertidaksamaan yang daerah himpunan penyelesaiannya diberikan pada gambar, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket sebagai tugas individu.
  • e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket
  • f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Penutup
  • a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai sistem pertidaksamaan linear khususnya sistem pertidaksamaan linear dua variabel.
  • b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
  • c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan sistem pertidaksamaan linear.dari soal-soal latihan dalam buku paket yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

E. Alat dan Sumber Belajar

Sumber :
  • Buku paket, yaitu buku Matematika SMA 
  • Buku referensi lain.
Alat :
  • Laptop
  • LCD

F. Penilaian 
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

1 komentar: