Minggu, 10 Juli 2011

RPP MATEMATIKA XII IPA BAB INTEGRAL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Program : XII(duabelas) / IPA
Semester : 1(Ganjil)

Standar Kompetensi : 
1. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar : 
1.1. Memahami konsep integral tak tentu dan integral tentu.

Indikator : 
  1. Menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
  2. Menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
  3. Menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.

Alokasi Waktu : 
10 jam pelajaran (5 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

  • a. Peserta didik dapat menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
  • b. Peserta didik dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar.
  • c. Peserta didik dapat menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.

B. Materi Ajar

  • a. Aturan rantai untuk mencari turunan fungsi.
  • b. Pengertian integral.
  • c. Integral tak tentu.
  • d. Integral tertentu.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali materi mengenai turunan dari fungsi aljabar dan fungsi trigonometri.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengetahui cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
Kegiatan Inti
  • a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri berdasarkan aturan pengintegralan, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut
  • b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai cara menentukan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
  • c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh mengenai penggunaan aturan rantai untuk mencari turunan fungsi,mengenai penentuan nilai stasioner dan jenis titik stasioner dari fungsi yang turunannya menggunakan aturan rantai,penentuan integral tak tentu,turunan dari fungsi trigonometri,integral fungsi trigonometri, rumus fungsi jika turunan fungsi dan nilai fungsi diketahui, danpersamaan kurva jika diketahui turunannya dan sebuah titik pada kurva.
  • d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penggunaan aturan rantai untuk mencari turunan fungsi, penentuan nilai stasioner dan jenisnya dari suatu fungsi, penentuan integral tak tentu, penentuan turunan dari fungsi trigonometri, penentuan integral fungsi trigonometri, penentuan rumus fungsi jika turunan fungsi dan nilai fungsi diketahui, dan penentuan persamaan kurva jika diketahui turunannya dan sebuah titik pada kurva, dari “Aktivitas Kelas“ sebagai tugas individu.
  • e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket .
  • f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Penutup
  • a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai aturan rantai untuk mencari turunan fungsi, pengertian integral, dan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri.
  • b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
  • c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan aturan rantai untuk mencari turunan fungsi, pengertian integral, dan integral tak tentu dari fungsi aljabar dan trigonometri dari soal-soal latihan dalam buku paket yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.
Pertemuan Ketiga dan Keempat

Pendahuluan
Apersepsi : 
  • Mengingat kembali mengenai turunan fungsi aljabar dan trigonometri dan aturan pengintegralan (integral tak tentu).
  • Membahas PR.
Motivasi : 
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan integral tertentu sebagai luas daerah di bidang datar dan menentukan integral tentu dengan menggunakan sifat-sifat (aturan) integral.

Kegiatan Inti
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar