Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XI(sebelas) IPS / 2(genap)
Pertemuan Ke - : 1 – 5
Standar Kompetensi :
2. Menentukan komposisi dua fungsi dan invers suatu fungsi
Kompetensi Dasar :
2.1 Menentukan komposisi fungsi dari dua fungsi
Materi Pembelajaran :
Komposisi Fungsi
Alokasi Waktu :
10 x 45 menit
Indikator :
- Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
- Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi
- Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi
- Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui.
Ceramah dan Tanya Jawab
Tujuan Pembelajaran :
Peserta Didik dapat :
- Menentukan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
- Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi
- Menyebutkan sifat-sifat komposisi fungsi
- Menentukan komponen pembentuk fungsi komposisi apabila fungsi komposisi dan komponen lainnya diketahui
Pertemuan Ke-1
A. Kegiatan Awal :
- Menyampaikan indikator yang akan dicapai dalam pembelajaran
- Memberikan motivasi tentang penggunaan komposisi fungsi dan invers fungsi dalam menyelesaikan persoalan sehari-hari
- Mengingatkan kembali tentang relasi, daerah asal, daearah kawan, dan daerah hasil suatu relasi
- Mendefinisikan fungsi atau pemetaan
- Menjelaskan relasi yang merupakan fungsi dan yang bukan fungsi
- Mendefinisikan notasi fungsi, peubah bebas dan peubah tak bebas (bergantung)
- Menguraikan daerah asal, daerah kawan, dan daerah hasil suatu fungsi
- Memberikan contoh-contoh soal
- Membahas soal-soal latihan
- Membuat kesimpulan materi pembelajaran
Proses : Menilai keaktifan peserta didik dalam memberikan pendapat dan jawaban terhadap soal-soal latihan
Pertemuan Ke-2
A. Kegiatan Awal :
- Mengingatkan kembali tentang relasi dan fungsi
- Absensi kehadiran peserta didik
- Menjelaskan beberapa macam fungsi khusus
- Membahas fungsi surjektif, injektif dan bijektif
- Menguraikan operasi aljabar fungsi
- Membahas contoh-contoh soal
- Mengerjakan soal-soal latihan
- Memberikan kesempatan kepada beberapa orang peserta didik untuk menunjukkan jawabannya di depan kelas.
- Menentukan fungsi komposisi dari beberapa fungsi
- Memberikan tugas di rumah
Proses : Menilai keaktifan peserta didik dan ketepatan jawaban soal-soal latihan
Pertemuan Ke-3
A. Kegiatan Awal :
- Mengingatkan kembali tentang fungsi dan aljabar fungsi
- Absensi kehadiran peserta didik
- Memeriksa soal tugas yang tidak dapat diselesaikan peserta didik
- Mendefinisikan fungsi komposisi
- Menjelaskan syarat dan aturan fungsi yang dapat dikomposisikan
- Memberikan contoh soal
- Membahas soal-soal latihan
- Meminta beberapa orang pesereta didik untuk menuliskan pekerjaannya di depan kelas
- Memberikan tanggapan/koreksi terhadap jawaban yang diberikan oleh peserta didik
- Mengadakan tanya jawab tentang materi yang telah dipelajari
- Membuat kesimpulan materi pembelajaran
Proses : Menilai keaktifan peserta didik dan ketepatan jawaban soal-soal latihan
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar