Minggu, 03 Juli 2011

SILABUS MATEMATIKA XI IPA SEMESTER GANJIL

SILABUS MATEMATIKA XI IPA SEMESTER GANJIL

Nama Sekolah : SMAN 1KUTOWINANGUN
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI / IPA
Semester : 1(ganjil)
STANDAR KOMPETENSI
1.Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
KOMPETENSI DASAR
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
1.2 Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive serta penafsirannya
1.3 Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data, serta penafsirannya
1.4 Menggunakan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah
1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan
1.6 Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
MATERI POKOK/PEMBELAJARAN
Statistika:
  • diagram garis, diagram batang, diagram lingkaran , ogive dan histogram
  • Ukuran Pemusatan : Rataan, Modus, Median
  • Ukuran letak: Kuartil, desil
  • Ukuran Penyebaran: Janggkauan, simpangan kuartil, variansi dan simpangan baku
Peluang:
  • aturan perkalian
  • permutasi dan
  • kombinasi
  • Ruang Sampel
  • Peluang Kejadian
KEGIATAN PEMBELAJARAN
•Mengamati dan mengidentifikasi tentang data-data di sekitar sekolah.
•Mengidentifikasi data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.
•Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.
•Menyimak konsep tentang penyajian data
•Melnyajikan data dalam berbagai bentuk diagram
•Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.
•Mengambil kesimpulan dari dua atau lebih kelompok data atau informasi yang sejenis
•Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive
•Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu
•Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi
•Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.
•Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.
•Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat (filling slot) dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.
•Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
•Menerapkan rumus aturan perkalian,permutasi,dan kombinasi untuk menyelesaikan soal
•Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi.
•Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak
•Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi
•Menentukan banyaknya titik sampel
•Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian
•Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritisnya
•Menentukan peluang suatu kejadian, peluang komplemen suatu kejadian.
•Menentukan peluang suatu kejadian dari soal atau masalah sehari- hari.
INDIKATOR
Dan Seterusnya ....???

Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Bentuk PDF
2.Dalam Bentuk DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar