Minggu, 10 Juli 2011

RPP MATEMATIKA XII IPA BAB MATRIKS,VEKTOR DAN TRANSFORMASI GEOMETRI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN(RPP)


Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Bab :  Matriks,Vektor dan Transformasi Geometri
Kelas / Program : XII(duabelas) / IPA
Semester :1(Ganjil)

Standar Kompetensi : 
3. Menggunakan konsep matriks, vektor, dan transformasi dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar : 
3.1. Menggunakan sifat-sifat dan operasi matriks untuk menunjuk-kan bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain.

Indikator : 
  1. Mengenal matriks persegi.
  2. Melakukan operasi aljabar atas dua matriks.
  3. Mengenal invers matriks persegi.

Alokasi Waktu : 
4 jam pelajaran (2 pertemuan).

A. Tujuan Pembelajaran

  • a. Peserta didik dapat mengenal matriks persegi.
  • b. Peserta didik dapat melakukan operasi aljabar atas dua matriks.
  • c. Peserta didik dapat mengenal invers matriks persegi.

B. Materi Ajar

  • a. Pengertian, notasi, dan ordo suatu matriks.
  • b. Matriks persegi.
  • c. Operasi aljabar pada matriks.

C. Metode Pembelajaran

Ceramah, tanya jawab, diskusi.

D. Langkah-langkah Kegiatan

Pertemuan Pertama dan Kedua

Pendahuluan
Apersepsi :
Motivasi : 
Apabila materi ini dikuasai dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat mengenal matriks persegi, melakukan operasi aljabar atas dua matriks, dan mengenal invers matriks persegi.
Kegiatan Inti
  • a. Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (selain itu misalkan dalam bentuk lembar kerja, tugas mencari materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan lingkungan, atau pemberian contoh-contoh materi untuk dapat dikembangkan peserta didik, dari media interaktif, dsb) mengenai pengertian matriks persegi, cara melakukan operasi aljabar atas dua matriks, serta pengertian invers matriks persegi, kemudian antara peserta didik dan guru mendiskusikan materi tersebut (Bahan: buku paket mengenai pengertian matriks,notasi dan ordo matriks,jenis-jenis matriks,  kesamaan dua matriks, operasi aljabar pada matriks (penjumlahan, pengurangan, perkalian dan sifat-sifatnya), pengertian matriks identitas, dan pengertian invers matriks).
  • b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai matriks persegi, operasi aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian) atas dua matriks, dan invers matriks persegi.
  • c. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket  mengenai penentuan transpos matriks,kesamaan dua matriks,penentuan hasil dari penjumlahan dua matriks,penentuan hasil dari pengurangan dua matriks,penentuan hasil dari perkalian matriks dengan bilangan real,penentuan hasil dari perkalian dua matriks, dan pembuktian bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain.
  • d. Peserta didik mengerjakan beberapa soal mengenai penentuan elemen-elemen matriks, ordo dan transpos matriks, kesamaan dua matriks, penentuan hasil dari penjumlahan dua matriks, pengurangan dua matriks, perkalian dua matriks, serta pembuktian bahwa suatu matriks persegi merupakan invers dari matriks persegi lain, dari “Aktivitas Kelas“ dalam buku paket sebagai tugas individu.
  • e. Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal dari “Aktivitas Kelas” dalam buku paket.
  • f. Peserta didik mengerjakan beberapa soal latihan dalam buku paket sebagai tugas individu.
Penutup
  • a. Peserta didik membuat rangkuman dari materi mengenai pengertian, notasi, dan ordo suatu matriks, operasi aljabar pada matriks, serta pengertian invers matriks persegi.
  • b. Peserta didik dan guru melakukan refleksi.
  • c. Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan pengertian, notasi, dan ordo suatu matriks, operasi aljabar pada matriks, serta pengertian invers matriks persegi dari soal-soal latihan dalam buku paket  yang belum terselesaikan di kelas atau dari referensi lain.

E. Alat dan Sumber Belajar
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC

Tidak ada komentar:

Posting Komentar