Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : XII(duabelas)/2(genap)
Program : Program IPA
Pertemuan Ke- : 11-12
Alokasi Waktu : 4 X 45 menit
Standar Kompetensi :
5. Menggunakan konsep barisan dan deret dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar :
Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan deret
Indikator :
- Menjelaskan karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri.
- Merumuskan deret yang merupakan model matematika dari masalah
Peserta didik dapat
- menjelaskan karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri;
- merumuskan deret yang merupakan model matematika dari masalah.
Notasi Sigma, Barisan dan Deret, serta Induksi Matematika
Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
Langkah-Langkah Kegiatan
A. PERTEMUAN Ke-11
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
- Membahas tugas yang diberikan dari pertemuan sebelumnya.
- Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
- Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
Kegiatan Inti:
- Dengan tanya jawab, dibahas karakteristik masalah yang model matematikanya berbentuk deret aritmetika atau geometri dan merumuskan deret dengan model matematika.
- Secara berkelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
- Jika terdapat perbedaan, guru bersama siswa merumuskan jawaban yang benar.
1. Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
2. Guru memberi tugas rumah.
B. Pertemuan Ke-12
Pendahuluan:
1. Apersepsi:
- Membahas tugas yang diberikan dari pertemuan sebelumnya.
- Mengingat kembali materi pertemuan sebelumnya.
- Menyampaikan kegunaan materi yang akan dipelajari dalam kehidupan sehari-hari (khususnya yang berkaitan dengan kompetensi dasar).
Kegiatan Inti:
- Dengan tanya jawab, dijelaskan cara menentukan penyelesaian dari model matematika dan memberikan tafsiran terhadap hasil yang diperoleh.
- Secara berkelompok, siswa membahas soal latihan dan mengumpulkan hasilnya. Selama diskusi berlangsung, guru memantau kerja siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
- Meminta beberapa perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusinya, sedangkan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
- Jika terdapat perbedaan, guru bersama siswa merumuskan jawaban yang benar.
- Guru membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja dibahas.
- Guru memberi tugas rumah.
Buku Perspektif Matematika 3 Kelas XII SMA Program IPA (halaman 242-254)
Penilaian
Jenis: tugas dan tes tertulis
Bentuk: tes uraian
Soal:
- Suatu perusahaan kaos olahraga mulai berproduksi padatahun 1985 dengan jumlah produksi 2.000 kaos. ternyata setiap tahunnya jumlah produksi bertambah 500 kaos. Pada tahun keberapa perusahaan tersebut mampu memproduksi x kaos?
- Widi menabung uangnya di bank Rp500.000,00 setiap tahun. Bank tersebut memberikan bunga dengan sistem bunga majemuk sebesar 6% per tahun. Bagaimana model matematika jumlah uangnya setelah ditabung selama k tahun?
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
Tidak ada komentar:
Posting Komentar