Nama Sekolah : SMAN 1 Kutowinangun
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XI(sebelas) IPS / 1(ganjil)
Pertemuan Ke - : 1 – 3
Standar Kompetensi :
1. Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
Kompetensi dasar :
1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
Materi Pembelajaran :
Diagram Batang, Diagram Garis, Diagram Lingkaran dan Ogive
Alokasi Waktu :
6 x 45 menit
Indikator :
- Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, dan diagram batang.
- Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
- Ceramah dan diskusi
Peserta didik dapat :
- Mengidentifikasi data di lingkungan sekolah dan dan dalam kehidupan sehari-hari
- Membaca sajaian data yang dinyatakan dalam berbagai diagram
- Melakukan pengelompokkan data dalam diagram dan tabel
Pertemuan Ke-1 :
A. Kegiatan Awal :
- Menyampaiakan indicator yang akan dicapai dalam pembelajaran
- Memberikan motivasi tentang aplikasi statistika dalam kehidupan sehari-hari
- Mendefinisikan istilah-istilah dasar dalam statistika antara lain : Statistik, statistika, populasi, sampel dan data (datum, data kualitatif dan kuantitatif, data cacahan dan data ukuran)
- Memberikan contoh masing-masing istilah dalam statistika
- Menjelaskan konsep membaca data dalam bentuk diagram garis
- Memberikan data dalam bentuk diagram garis untuk dibaca dan didiskusikan.
- Kesimpulan : membaca data dalam bentuk diagram garis
- Tugas : Individu
Proses :
- Keaktifan peseta didik dalam proses belajar mengajar
A. Kegiatan Awal :
- Apersepsi : konsep membaca data dalam bentuk diagram garis
- Memeriksa tugas harian yang diberikan sebelumnya
- Menjelaskan konsep membaca data dalam bentuk diagram batang dan lingkaran
- Memberikan data dalam bentuk diagram batang dan lingkaran untuk dibaca dan didiskusikan.
- Kesimpulan : membaca data dalam bentuk diagram batang
- Tugas : Individu
Proses : Keaktifan peseta didik dalam proses belajar mengajar
Pertemuan Ke-3 :
A. Kegiatan Awal :
- Apersepsi : membaca data dalam bentuk tabel dan diagram garis
- Mengumpul dan mengecek tugas yang telah diberikan sebelumnya
- Mengidentifikasi kecenderungan nilai data yang dinyatakan dalam bentuk tabel dan dalam bentuk diagram garis, batang dan lingkaran
- Memberikan contoh data dalam bentuk table dan diagram untuk diidentifikasi dan selanjutnya didiskusikan
- Kesimpulan : mengidentifikasi data dalam bentuk tabel dan diagram garis
- Tugas : Kelompok
D. Penilaian :
Proses : Keaktifan peseta didik dalam proses belajar mengajar
Hasil Belajar : Kuis
Dan Seterusnya ....???
Baca Selengkapnya Silahkan Ambil File Dibawah Ini:
1.Dalam Format PDF
2.Dalam Format DOC
ijin sedot pak guru.,.,:)
BalasHapus